06 November 2008

Barack Obama

Pemilihan presiden Amerika sudah selesai dan kemengan ada di tangan Barack Obama. Hal ini untuk pertama kali negara tersebut akan dipimpin oleh seorang kulit berwarna. Hal ini tentu sangat berbeda dengan masa Amerika sebelum-sebelumnya. Barack Obama berkampaye dengan slogan 'CHANGE WE CAN' membuat para pendukungnya semakin bertambah banyak. Selama berkampanye Barack Obama juga berkampanye tentang perubahan yang lebih baik dibandingkan saat ini. Bayak hal yang membuat sang kandidat bisa meraup suarat terbanyak dari rakyat Amerika diantaranya:

Media Kampanye
Kampanye pada masa-masa sebelumnya banyak digunakan secara manual seperti ke tempat keramaian, membuat acara dan lain sebagainya. Namun banyak media yang digunakan oleh Barack Obama diantaranya adalah internet. Dengan internet ini Barac Obama membuat media antara kandidat dan pendukungnya. Sarana web ini memberikan informasi tentang calon dan sarana untuk mendapatkan dukungan dana untuk berkampanye. Bisa terbayang berapa banyak orang yang bisa mengakses dari belahan dunia untuk mendukung sang kandidat.

Usia
Secara kalkulasi, usia Barack Obama lebih muda. Berbagai kesibukan yang sangat banyak menjadi president tentu dituntut untuk dapat bekerja secara optimal. Para pemilih tentu tidak ingin begitu banyak kegiatan lalu jatuh sakit. Hal ini menjadi pertimbangan dari sisi lain. Dengan usia yang lebih muda dibanding lawannya tentu pemikiran, perencanaan dan orgenaisnya lebih matang.

Team mate
Dalam kampanye tidak terlepas dari tim kampanye yang selalu memberikan dukungan serta strategi untuk memenangkan pemilihan. Strategi serta tindakan yang jitu dapat memberikan keyakinan bagi para calon pemilihnya.

Kampanye yang dilakukan oleh Barack Obama membuat banyak pelajaran yang (semestinya) berharga bagi para calon presiden di Republik Indonesia dimasa mendatang. Saat ini, calon presiden sudah ada yang sudah mempunyai web. Salah satu calon presiden yang masuk adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini web tersebut memberikan informasi tentang kegiatan sebagai presiden RI.

Calon lain adalah Wiranto, dari partai Hanura. Web ini memberikan informasi tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh partai. Bagaimana yang lain?

Sepertinya sarana internet belum digunakan sepenuhnya oleh partai atau calon presiden yang akan maju ditahun 2009 nanti. Sarana yang gratis banyak tapi sayang masih belum ada yang menggunakan secara maksimal. Ya semoga saja para calon presiden republik ini bisa menjadi pemimpin yang adil dan beradap (kayak butir pancasila yach..)

Tidak ada komentar: