28 November 2008

November 2007 - November 2008

Pada bulan November 2008 hingga akhir November 2008 ini banyak hal yang sudah terleawati. Banyak hal pelajaran yang bisa aku ambil dari berbagai kegiatan seiring dengan berlalunya waktu.

NOVEMBER 2007
Pada bulan November 2008 lalu aku ikutin sebuah training dari tempat kerja. Training ini melatih kita untuk bisa menyalurkan rasa marah, jengkel, ketidakpuasan dari tempat kerja,dirumah atau dimanapun dengan cara-cara yang bijak. Contohnya seperti menulis di kertas apa yang membuat rasa marah kita, siapa yang bikin marah, dimana dll. Lalu kertas tersebut (seakan-akan orang tersangka) lalu kita hancurkan. Cara menghancurkannya seperti merobek, menginjak-injak, membakar dan akhirnya dibuang ketempat sampah.

Selain itu,saya juga mendapatkan bagaimana merubah mind set kita dari pesimist menjadi/lebih optimist. Bermain dengan otak kiri yang penuh dengan aktivitas harian, rutin, angka dan lain-lain yang cenderung membosankan digeser ke otak kanan yang cenderung dengan imajinatif, warna, emosi, bernyanyi, mendengarkan musik, keluhan teman, two-way communication dan lain dan lain..... (dan-nya emang dibuat double)

Dalam latihan tersebut masih diajarkan bagaimana menjadi trainer (basic level) seperti mau mendengar apa yang dimau oleh orang lain, tidak berpihak, tidak memaksa kehendak serta berimbang. Pertanyaan dari orang mungkin lebih baik diminta teman lain untuk bisa menjawab sebelum memberi kesimpulan. Mungkin orang lain punya ide yang juga bagi orang lain pas dan tepat untuk jadi jalan keluar.

Tidak hanya itu, kita juga diajarkan bagaimana menjadi menjadi bagian dalam satu team yang baik. Menjadi team yang baik tidak melakukan satu kegiatan secara bersama-sama tapi tahu apa yang harus dilakukan oleh tiap individu untuk mencapai tujuan team. Banyak hal yang bisa dipetik dari November 2007.

NOVEMBER 2008
Bulan ini ketemu dengan orang yang dekat dihati. Begitu senang orang yang dekat dihati dekat pula dimata. Bila tahun lalu ada kegiatan training maka bulan November 2008 ini tidak ada kegiatan. Banyak kendala yang menghalangi apakah itu karena krisis yang sedang terjadi atau memang sengaja dihambat. But no special activity in this month.

Tidak ada komentar: