17 Juli 2008

BODY AND SOUL

Dalam kehidupan kita setiap hari kita menghirup udara dan kadang lupa bahwa udara adalah sangat penting dalam kehidupan. Udara sebagai sumber energi dengan mengambil oksigen dari luar dan mengikat didalam tubuh. Udara sebagai sumber energi sangat terasa ketika melakukan olahraga terutama olahraga air seperti berenang.

Ketika sedang dalam keadaan sehat kita sering lupa untuk menyempatkan waktu dalam berolahraga. Olahraga sebenarnya tidak mesti pergi ke gym atau club dengan membayar ratusan bahkan jutaan rupiah setiap tahunnya. Olahrga bisa dilakukan dimana saja. Seperti dikamar tidur bisa melakukan sit up, push up dan lainnya. Bila suka outdoor bisa melakukan lari dijalan pada pagi hari selain sehat juga bagus karena udara pagi pada umummnya masih bersih.

Yang paling penting dalam berolahraga bukanlah tempat atau jenis olahraga tapi bagaimana meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Disini kita memerlukan rasa disiplin untuk melakukannya sehingga menjadi suatu hal yang rutin untuk dilakukan dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan. Dengan olahraga tentunya banyak manfaat terutama untuk kesehatan karena sehat tidak ternilai harganya.

Tentang disiplin kita mengingatkan bahwa orang yang memiliki disiplin sering (keharusan) dimiliki oleh militer. Dengan disiplin bisa melakukan secara rutin dan tidak menyimpang dari ‘perintah’. Tentu sangat bagus mengambil sikap disiplin yang dimiliki militer dalam berolahraga secara berskala.

Setelah kita dapat melakukan olahraga secara rutin kita bisa mencari jenis olahraga yang lain yang membuat kita tidak bosa. Mungkin selama ini dikamar hanya melakukan sit up dan push up bisa menambah dengan melatik kaki dengan cara setengah jongkok. Mengankat dumbel salah satunya yang bisa dikombinasikan untuk melatih otot lengan, dada dan punggung.

Untuk menjaga kebugaran bisa memperhatikan jenis makanan, volume air minum air putih dan dan lama istirahat. Seperti yang dianjurkan tidur yang baik adalah 8 jam sehari. Semua orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari tinggal bagaimana kita memanfaatkan waktu untuk aktivitas. Bila sempat menonton tv mengapa tidak sempat berolahraga?

Tidak ada komentar: