24 April 2008

DAY DREAM

Ada seorang yang masuk rumah sakit jantung Harapan Kita Jakarta minggu lalu panggil saja niap pak Tono. Dia masuk rumah sakit disalah satu kota besar di Indonesia tapi karena dir rumah sakit tersebut tidak ada peralatan yang memadai maka dikirim ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan yang memadai. Setelah mendapatkan rekomdasi dari dokter asal maka bapak Tono tersebut harus dioperasi karena adanya penyempitan pendarahan didada.

Untuk bapak Tono memakai asuransi sehingga tidak dipusingkan oleh harga sewa kamar hingga biaya pembedahan. Karena bila dihitung dari mulai sewa ruangan/kamar rumah sakit untuk belasan hari, obat dan biaya pembedahan yang bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta. Hal ini pasti sangat mahal bila menimpa orang kalangan menengah kebawah.

Mimpi

Mungkin ini hanya mimpi tapi sangat mungkin dilakukan atas kejadian seperti diatas tadi. Hal yang utama adalah menjaga kesehatan dengan melakukan banyak kegiatan positif seperti mengatur pola makan, meluangkan waktu untuk olahraga secara rutin minimal satu kali dalam satu minggu, mengatur gaya hidup sehat hingga menjaga kesehatan fikiran agar tetap bisa berfikir secara jernih.

Dalam satu tahun lebih terakhir ini saya tidak pernah minum satu obat apapun. Namun pernah mendapatkan sakit kepala dan flue tapi biasaya saya kalau sakit kepala cukup dengan memaksa makan lalu mandi dan tidur. Setelah bangun sakit kepala bisa berkurang drastis bahkan sembuh total. Bila mulai terserang flue seperti hidung udah mulai meler maka memaksa makan minimal tiga kali dalam sehari dan minum air putih secara banyak. Kalau biasanya hany 4-5 gelas maka kalau mulai flue bisa meninggat 6 gelas dalam sehari.

Dilain sisi selama satu tahun lebih tersebut saya selalu menjaga kesehatan salah satunya adalah olahraga secara rutin. Biasanya satu meluangkan beberapa jam dalam seminggu untuk olahraga hingga mengeluargkan keringat hingga seperti orang mandi. Tentu tidak hanya capek tapi kalau pertama melakukannya bisa tidak jalan pada keesekan harinya karena otot-otot bisa seperti ketarik dan masih kencang.

Setelah capek pada waktu pertama maka setelah mencoba beberapa kali maka akan terasa bagaimana stamina dan daya tahan tubuh meningkat. Lalu dampak yang sangat terasa adalah daya tubuh meningkat melawan virus pada tubuh hingga berdampak pada tidak mudah sakit.

Kalau tidak mudah sakti maka banyak hal yang bisa dikerjakan salah satunya adalah bisa bekerja secara maksimal dan minim absent karena sakit secara betul ataupun karena ‘sakit’ dibuat-buat. 

Ini mimpi saja seandainya penduduk Indonesia bisa meluangkan waktu beberapa jam dalam seminggu untuk olahraga, menjaga pola makan, tidur, gaya hidup hingga tetap sehat dala setahun saja dan tidak minum obat apapun dalam setahun terlebih hingga tidak masuk rumah sakit maka banyak biaya yang dapat disimpan atau ditabung. Mungkin ini hanya mimpi disiang bolong tapi mimpi saya masih realtis untuk bisa dilakukan oleh semua orang.

Seperti kejadian pak Tono, mungkin tidak akan terjadi bila ada kesadaran akan pentingnya olahraga, pola hidup sehat hingga kegiatan yang dilakukan. Hal yang penting masih dalam hidupku adalah aku punya mimpi untuk masa depan. Mimpi yang realitis hingga mimpi yang tidak realitis, what ever my dream but I have many dreams in the future.

Berikut ini foto ketika lagi libur di Ngawi, Jawa Timur bulan Maret 2008 lalu. Dalam tampilan tersebut ditambah musik Campursari dengan judul Joko Lelur oleh:...


2 komentar:

Tiara Nisa mengatakan...

mas, foto2mu bagus loh...tapi aku suka sedih klo ngeliat petani..

Djumiran mengatakan...

Makasih, tapi memang itu yang terjadi disana. Mereka mungkin tidak kekurangan akan makan tapi haus akan haus oleh pendidikan serta perlindungan lainnya.