22 April 2012

Merapi Utama Pharma

Mulai masuk dalam bidang marketing di bidang obat pada Maret 2009. Dengan masuk kerja dibidang ini 180 derajat cara berfikir akupun berubah, dari mind set non profit ke profit dan dituntut untuk terus belajar. Dalam perjalanan pekerjaan banyak yang terpakai ilmu ketika masa kuliah dari pengantar manajemen hingga managemen jasa dan beberapa mata kuliah lainnya yang bersifat khusus dibidang marketing.

Sebelum memulai pekerjaan ini, saya punya ambisi untuk selesai pada level salesman dalam kurun waktu 2 tahun. Dalam waktu dua tahun tersebut cukup untuk belajar tentang perusahaan ( 4 P), strategi penjualan, strategi kompetitor dan mencari pemenang dalam pasar. Namun, dalam perjalannya tidak mudah harapan itu terwujud. Banyak kendala yang merintangi hingga 3 tahun berjalan masih berkutat di salesman.

Tidak aku sesali selama tiga tahun bekerja di bidang farmasi. Disini saya belajar banyak tentang obat, manajemen distribusi, manajemen penjualan, fungsi pengawasan dan tentang collection/ tagihan. Perusahaan akan berjalan lancar bila semua fungsi berjalan secara maksimal dan bersinergi (saling ketergantungan) dan tidak ada egoisme departemen tertentu. Kesaling tergantungan inilah yang membuat saya belajar bagaiman kita bisa menjadi orang yang pro-aktive. Kita belajar untuk memulai memperbaiki dari kita sendiri, mulai dari hal kecil dan memulainya dari sekarang.

Dilain sisi, Saya juga banyak mengenal banyak tempat di kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Mungkin hal ini tidak akan terjadi bila saya tidak bekarja di Merapi Utama Pharma. Sampai saat ini saya menulis, saya sedang di propinsi Bangka Belitung. Disini saya station. Disini dituntut untuk mandiri dari kehidupan harian dan memenajemen kerja karena tidak ada yang mengawasi secara langsung. Saya mempunyai intergritas dalam bekerja dan berusaha untuk bekerja secara profesional meski saya pada level salesman.

Dalam kesempatan ini, saya juga tahu bagaiman beberapa tempat wisata di Bangka yang siapa tahu bisa membuat referensi liburan bagi pembaca. Yuk kita lihat......

Note: Pakaian kerja tapi dilakukan setelah jam kerja.

Lokasi: Pantai Parai

Jarak : 43 KM dari Pusat kota PP

Tidak ada komentar: