28 Juni 2009

PRO AKTIF

Mungkin kalimat ini yang sering kita dengan untuk mencapai tujuan dalam sebuah tim di tempat kerja. Pro aktif dimana seseorang mengetahui apa yang harus dikerjakan dan setiap individu mau memberikan sesuatu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Bila setiap individu dalam tim mengetahui apa yang harus dikerjakan secara baik dan tidak menunggu perintah maka rencana dalam tim akan tercapai.

Kita sering membaca, melihat bahkan mungki ngalami pengalaman kita complain terhadap pelayanan umum namun malah pindah kesana kemari seperti bola pimpong. Hal ini tentunya bukan sikap pro aktif.

Perusahaan yang berorientasi pada pelayanan baik itu perusahaan murni barang maupun jasa maka sikap mempimpong orang yang complain disikap membantu mencari jalan keluar yang tepat baik orang yang mencomplain maupun untuk perusahaa.

Sikap proaktif ini mestinya ditanamkan sejah seseorang bergabung dalam sebuah tim dalam perusahaan sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai. Meminimalisir kesalah dan berfikir jauh kedepan.

Sikap pro aktif ternyata tidak sepenuhnya diterapkan pada profit company. Saya pernah merasakan bagimana saya kroscek terhadap sesuatu namun malah diminta ke orang ini, setelah ketemu orang ini diminta ketemu orang itu dan terus di lempar kemana-mana. Saya menyayangkan sikap yag tidak aktif yang berakibat tim belum bisa berjalan sepenuhnya.

Tidak ada komentar: