30 Januari 2009

AS A GOOD PLAYER

Kita pernah mendengar cerita bagaimana keberhasilan seekor kura-kura mengalahkan seekor kancil dalam perlombaan. Kura-kura yang yang berkaki empat serta jalan yang hanya seperti merangkak bisa mengalahkan seekor kancil yang jauh lebih cepat larinya. Kancil mempunyai kecepatan yang tinggi tapi meremehkan kura-kura yang sangat lambat jalannya. Menganggap remeh kura-kura itulah menjadi pangkal kekalahannya. Kura-kura yang lambat jalannya tidak pernah putus asa dan berhenti untuk terus berjalan demi mendapatkan kemenangan. Kegigihan itulah yang membuatnya menang.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dihadapkan dalam kelompok besar hingga kecil. Kelompok besar seperti menjadi warga dari sebuah Negara atau insitusi. Sedangkan kelompok kecil seperti menjadi anggota keluarga dalam rumah tangga hingga menjadi anggota tim dari sebuah sub unit dari tempat dimana kita bekerja.

Dari sebuah sub unit kerja kita bisa membangun kelompok yang bisa menjadi sebuah tim yang bagus. Sebuah tim akan terasa bagus bila:

• Adanya saling mengerti akan hak dan tanggung jawab masing-masing. Tentu dalam tim para anggota mengetahui perbedaan antara bekerja sama dengan sama-sama kerja.
• Pembagian kerja yang jelas. Meski dalam suatu tim pasti adanya garis hirarki yang jelas. Siapa mengerjakan apa dan harus melapor kemana.
• Dalam bangku kelas pasti ada ketua kelas dimana ketua kelas adalah siswa seperti yang lain. Begitu juga dalam tim pastinya ada kepala tim dimana kepala tim tersebut seperti anggota yang lain. Yang menjadi perbedaan adalah tanggung jawanya yang sedikit lebih besar.
• Menjadi kepala tim tentu tidak bisa semena-mena kepada anggota yang lain apalagi menyalahkan kepada anggota yang lain. Bila ada kesalahan itu bukan dari anggota tapi kesalah tim namun bila ingin disebut sebagai tim yang bagus, yang saling mendorong bagaimana bekerja secara tepat dan selalu menghargai setiap tindakan yang dilakukan oleh para aggota tim.
• Sesama anggota tim akan elok bila kita menggunakan kalimat yang tepat serta intonasi yang pas dalam penyampaian sesuatu. Tidak elok bila menggunakan kalimat-kalimat seperti “…saya tidak mau tahu…pokoknya…..ini gimama sih?”

Setiap individu mempunyai strong and weakness. Tugas tim adalah bagaimana menggunakan strong masing-masing tim untuk mencapai tujuan. Seperti cerita kura-kura dengan kancil. Bagiamana mendorong kancil yang berlari cepat menggunakan attitude yang dimiliki oleh kura-kura yang pantang menyerah dan terus berlari untuk menyentuh garis finish (tujuan).

Tidak ada komentar: