09 Oktober 2008

KEUANGAN,Impact after Idul Fitri 1429H

Ramadhan dan hari raya lebaran sudah berlalu. Hirup pikuk perjalanan mudik sudah berlalu dan sekarang memulai kegiatan lagi. Rutinitas yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan mudik dan membelanjakan uangnya untuk keperluan lebaran. Kegiatan ini sudah berlangsung lama yang cenderung menjadi budaya. Pada lebaran kali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebaran kali ini jatuh pada tanggal 1 Oktober dimana uang THR dan uang gaji bulan September dibayarkan (bagi pekerja yang dibayarkan setiap bulan). What is going on with this date?

Bila seseorang yang mempunyai manajemen keuangan yang bagus mungkin tidak akan kolep dan tahu bagiamana mengatur keuangan rumah tangga. Pada umumnya orang akan menghabiskan uangnya untuk kegiatan mudik, kegiatan selama di kampong halaman bersama keluarga dan biaya kembali ke kota tempat bekerja. Akan terjadi masalah ketika sudah sampai di daerah tempat kerja. Masalah timbul ketika sampai di daerah tempat kerja bekal yang dimiliki dalam tabungan sudah menipis dan harus menunggu tiga pekan lagi untuk mendapatkan gaji. Tanggal gajian inilah yang krusial bila kurang hati-hati dengan keuangan rumah tangga.

Bila masalah tersebut terjadi pada Anda maka perlu uang untuk kelangsungan rumah tangga. Cara yang bisa dipakai adalah hutang. Meski tidak mendidik hal ini sering terjadi dimasyarakat. Hutang bisa bersumber dari penggunaan kartu kredit, kredit tanpa agunan dari Bank serta hutang dari sumber lain. Selain itu, masyarakat juga bisa memilih menggadaikan barang-barang berharga untuk mendapatkan uang cash.

Impact dari lebaran menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih bisa mengatur keuangan rumah tangga agar tidak terjadi hutang. Perilaku boros sebaiknya dikurangi tanpa mengurangi kekhusuan beribadah pada bulan suci Ramadhan dan syawal bersama keluarga. Perencanaan keuangan sejak dini pada acara hari besar bulan-bulan mendatang (seperti Idul Adha) atau hari raya Natal bagi yang melaksanakan. Selain itu beberapa bulan kedepan juga ada libur akhir tahun yang sebagian orang adalah waktu untuk vacation day.

Tidak ada komentar: